img1452238360473

Masih tanggal 8 Januari 2016, belum terlalu terlambat untuk membahas tentang resolusi yang akan kami lakukan (Lentera Bumi Nusantara). Untuk mendukung kemandirian teknologi bangsa, LBN coba memfokuskan penelitian pada salah satu teknologi yang sedang berkembang pesat dan kami prediksi dapat menyelesaikan sedikit persoalan yang dihadapi bangsa ini, yaitu nano teknologi (kami tetap fokus mengembangkan teknologi kendaraan listrik, energi terbarukan, IoT Instrumentation  beserta big data dan data analytic. Info hasil riset kami dapat mengunjungi :http://www.lenterabumi.com/products.html)

Tanpa kita sadari, pengaplikasian teknologi nano sudah banyak didalam kehidupan sehari-hari. Contoh pengaplikasiannya dapat ditemui pada processor, penyimpanan data (hard disk), kecantikan dan kesehatan. Mudah-mudahan tidak ada lagi yang berkata, teknologi yang kami kembangkan tidak menjual dan tidak ada pasarnya. Sebagai contoh, pada tahun 2010, Intel melakukan investasi sebesar $6-8 billion untuk pengembangan teknologi nano (http://goo.gl/wOhXUV)

Kita kembali ke pembahasan teknologi nano. Berdasarkan catatan saya, implementasi teknologi nano yang paling booming di Indonesia terjadi pada bidang kecantikan (kosmetik). Salah satu produk yang sangat menarik minat masyarakat pada 2 tahun belakangan adalah nano spray. Sebuah alat kecantikan yang dapat menyemprotkan air oxygen dalam ukuran nano secara konstan di wajah. Jika dijelaskan secara sederhana, nano spray mempompa air yang tersimpan didalam media penyimpanan dan mengubah/ mengkonversi air tersebut menjadi “butiran air” dalam ukuran nano agar mudah diserap oleh pori-pori wajah. Harga alat tersebut, pertama kali masuk ke Indonesia berkisar 2.500.000 dan saat ini dapat dibeli dengan harga 500.000.

Berdasarkan studi kelayakan yang kami lakukan, nano teknologi sangat cocok untuk menjawab permasalahan pada feed, energy, food,water,fertilizer dan health (http://www.lenterabumi.com/lenteranano.html). Sebagai pilot project, kami mengembangkan mesin penjernih air yang berfungsi untuk menetralkan air kotor pada Kali/sungai. Contoh produk yang kami kembangkan dapat dilihat Dari gambar yang saya post di sebelah kanan. Karena kami yakin, air bersih menjadi kebutuhan primer setiap manusia. Dengan air, kehidupan dapat berlanjut. Hal yang sangat mewah bagi saudara kita didaerah terpencil dan tertinggal di Indonesia. Termasuk daerah tulang bawang, Lampung. Walaupun jarak daerah ini dengan Ibu kota negara relatif dekat, daerah ini sangat tertinggal dan dirantai dengan puluhan permasalahan. Salah satu nya air bersih. Ya, alat ini memang kami rancang buat saudara kita disana. Dan jika berhasil, mudah-mudahan alat ini dapat diimplementasikan juga pada daerah-daerah lainnya yang kekurangan air bersih.

Prototype yang kami jadwalkan selesai di akhir 2015, ternyata belum dapat diselesaikan tepat waktu. Kami mendapatkan sedikit permasalahan teknis yang menghambat. Tapi kami tidak pernah menyerah, tetap berusaha menyelesaikan alat impian ini. Dikarenakan jika kami berhasil menyelesaikan ini, kami juga dapat menyelesaikan permasalahan lainnya seperti supply air bersih ketika terjadi bencana alam. Sebuah impian pribadi saya ketika menyaksikan saudara saudara saya di Sumatera Barat kesusahan air bersih ketika bencana alam gempa bumi pada tahun 2009.

Mudah-mudahan saja, alat ini dapat selesai diawal tahun 2016, dan kami dapat merilis inovasi produk teknologi lainnya di 2016 ini. Ya inilah salah satu resolusi yang ingin kami realisasikan di 2016. In syaa Allah terwujud, Amin.