Tulisan ini hanyalah sebuah ringkasan kecil yang akan saya masukkan kedalam blog dikarenakan ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan teman-teman terkait permasalahan sering gagalnya login user menggunakan user yang sudah dibuat pada userman mikrotik. permasalahannya biasanya terjadi pada konfigurasi IP yang digunakan oleh radius dan router pada userman.

Sedikit analogi yang ingin saya jabarkan seperti berikut, untuk IP hotspot yang biasanya kita temui pada menu IP -> Hotpost pada winbox mikrotik merupakan IP interface Lokal yang langsung “bertatapan muka” dengan interface klien. Dengan kata lain, jika IP ethernet untuk lokal kita pada mikrotik menggunakan IP 192.168.0.1 maka IP inilah yang akan kita inputkan pada hotspot. Selanjutnya pembahasan menngenai penggunaan IP yang diinputkan pada Radius (Menu Radius pada Winbox). Dianjurkan untuk melakukan insialisasi IP pada server Radius, hendaknya menggunakan interface terluar dari mikrotik, misalkan untuk interface speedy (dikarenakan saya men set eht0 dengan nama speedy) mempunyai gateway 192.168.1.1 (IP Modem) maka server Radius diharuskan mengunakan IP 192.168.1.2 (IP Eth0). Dengan kata lain seluruh koneksi authentifikasi yang dilakukan hendaknya menggunakan bantuan interface terluar mikrotik (yang berhubungan langsung dengan IP Gateway).  Untuk pembuatan IP Router sendiri (pada menu userman) harusnya jangan disamakan dengan IP Interface lokal guna menghindari Radius Server not Responding. Berdasrkan praktek yang pernah saya lakukan, saya bisa menggunakan IP 127.0.0.1 atau IP interface terluar dari mikrotik (192.168.1.2). Jika operator ingin mengakses menu userman mikrotik dapat langsung mengunjungi IP Address 192.168.1.2/userman.

Dengan konfigurasi pengaturan IP seperti diatas, saya rasa seluruh permasalahan seperti Username dan Password invalid dan permasalahan Server Radius is Not Responding dapat diatasi
best regards

patusa.cyber