Proud to be a Balerang, Proud to Robotic. Barelang Robotic Team menjadi pembicaraan hangat bagi seluruh penggemar robotika di indonesia dua tahun belakangan ini. Sedikit flashback mengenai pencapaian team robot ini, Barelang merupakan team robot yang berasal dari Politeknik Negeri Batam yang berhasil menyabet prestasi membanggakan pada tahun lalu, dengan Barelang versi 5.1 nya, teman-teman dari Politeknik Negeri Batam ini berhasil menjadi juara 1 kategori Kontes Robot Indonesia dalam Kontes Robot Nasional 2011 di Universitas Gadjah Mada. Hasil yang sangat membanggakan karena kemenangan ini mematahkan tradisi dari PENS Surabaya yang selalu menjadi langganan pada kategori ini. Berkat kemenangan ini, Barelang 5.1 berhak mewakili Indonesia pada turnamen robot internasional di Thailand. Barelang membuktikan kehandalan robotnya bukan hanya pada kategori KRI, pada kategori Kontes Robot Cerdas Indonesia divisi KRCI Battle Barelang juga berhasil meraih prestasi membanggakan dengan menjadi juara kedua. Sebuah prestasi ciamik yang diperoleh oleh team Barelang 4.1. Akan tetapi kemenangan yang diperoleh oleh Barelang 4.1 tidak cukup mengantarkan mereka untuk mewakili Indonesia pada ajang RoboCup 2012 di Meksiko.

Nah pada postingan kali ini, saya ingin sedikit “pamer” dengan kostum barelang yang saya peroleh dari teman-teman barelang robotic team. Sebuah jaket yang sangat pantas untuk dibanggakan mengingat almamater ini yang sudah berhasil menjuarai beberapa kejuaraan robotic.

Oh ya, sebagai informasi tambahan pada kontes Robot Indonesia tahun ini, Barelang kembali menunjukan kualitasnya sebagai sebuah team robot yang solid. Pada Kontes Robot Indonesia Regional 1 yang diadakan di Sumatera Utara, Medan. Barelang 5.2 berhasil menjadi juara 1 pada divisi KRI dan menjadi juara 1 pada divisi KRCI Humanoid Soccer dengan robot Barelang 4.2. Mudah-mudahan dengan hasil yang sangat memuaskan ini, Barelang dapat membuat prestasi yang lebih membanggakan pada tahun ini, bukan hanya menjadi juara nasional, akan tetapi juga dapat mewakili Indonesia kembali pada ajang internasional dan dapat mengharumkan nama bangsa ini. Terima kasih juga disampaikan kepada teman-teman Rifqi Amalya Fatekha, Eko Rudiawan, Riska Analia, Pak Abudallah Sani dan Supardianto (Barelang Family) atas jaketnya dan satu kata proud to be a barelang.