Sebagian rekan-rekan yang suka membaca sejarah perkembangan komputer dan evolusi komputer, mungkin pernah mengetahui generasi komputer dari masa ke masa. Mulai dari Generasi Komputer Pertama, Kedua, Ketiga, Keempat Hingga belakangan ini ada yang menyebutkan telah hadirnya komputer generasi kelima. Benarkah Hal itu Sudah Ada? Sebelum membahas mengenai komputer generasi kelima, sebelumnya saya ingin merunut terlebih dahulu evolusi komputer mulai dari generasi pertama. Pengembangan komputer pertama dimulai pada tahun 1946.  Yang dimana pada tahun tersebut dikenal komputer generasi pertama dikenal dengan ENIAC. Pada tahun ini juga berhasil ditemukan komputer stored-program yang pertama, IAS. ENIAC dikembangkan oleh John Presper Eckert dan John Mauchly dari Universitas Pennsylvania.  Komputer ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan militer Amerika. ENIAC sangat mudah dikenali dikarenakan bentuknya yang sangat besar. Komputer ini memiliki 20 Akumulator yang masing-masing terdiri dari 10 digit. ENIA terdiri dari 18.000 vacuum tube yang mengkonsumsi daya hingga 140 Kw. Dari dimensi berat sendiri, berat komputer ini mencapai 30 Ton. Bisa dibayangkan berapa besarnya komputer ini. Mengingat kebutuhan akan proses pengolahan yang semakin cepat dan data yang besar, Komputer Generasi kedua mulai dikembangkan pada tahun 1959. Karakteristik yang dimiliki komputer generasi kedua ini antara lain mulai digunakannya komponen transistor. Program yang berjalan pada komputer ini sudah mulai menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti COBOL dan FORTRAN. Dengan mulai adanya penggunaan komponen baru dan sudah mengadopsi bahasa pemrograman tingkat tinggi, performa yang dihasilkan oleh komputer generasi kedua pun patut meningkat drastis, yang dimana pada sisi hardware kapasitas memori yang tersedia sudah cukup besar (Menggunakan Magnetic Core Storage) dan sudah mulai menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk. Komputer generasi kedua ini sudah mulai untuk dikomersillkan. Salah satu produk komputer generasi kedua yang sukses di pasaran adalah komputer pabrikan IBM dengan seri iBM 1401.

Kebutuhan akan kecepatan pemrosesan data dan tingginya mobilitas akan kebutuhan penggunaan komputer, membuat para ilmuan mulai mengembangkan komputer generasi ketiga. Pengembangan komputer generasi ketiga ini dimulai pada tahun 1964. Beberapa pembaharuan yang sudah diterapkan oleh komputer generasi ketiga antara lain penggunaan komponen IC (Integrated Circuit) dan menggunakan visual display terminal yang dapat menampilkan suara dan penggunaan alat pembaca tinta magnetik.  Jika dibandingkan dengna komputer generasi pertama, komputer generasi ketiga memiliki kecepatan 10.000 kali lebih cepat. Komputer generasi ini juga sudah mulai bisa melakukan multiprocessing. Salah satu seri dari komputer generasi ketiga yang diperuntukkan untuk mendukung kegiatan bisnis adalah komputer buatan vendor IBM dengan seri S/360. Perkembangan komputer generasi keempat merupakan komputer yang banyak kita gunakan pada zaman sekarang. Penelitian tentang pengembangan komputer generasi keempat dimulai pada tahun  1970. Pada tahun ini fokus pengembangan komputer dimulai dengan penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang kemudian belakangan ini dikembangkan lagi hingga menjadi Very Large Scale Integration (VLSI). komputer pada generasi ini sudah mulai menggunakan mikroprosessor dan semi konduktor berbentuk chip. Pada generasi ini juga mulai bermunculan pabrikan-pabrikan komputer lainnya yang bersaing dengan IBM, seperti APPLE II,  Xerox, Altair, dan Macintosh.

Lantas apa lagi keunggulan komputer generasi kelima? Hampir sama dengan komputer generasi keempat, komputer generasi kelima menggunakan VLSI  dan Josephon Junction.  Josephson Junction mempunyai kemampuan unutk memproses trilyun operasi dalam satu detik. sebagai perbandingan  teknologi chip yang digunakan pada komputer generasi sebelumnya hanya mampu melakukan proses milyaran dalam satu detik.  Josephon Junction adalah sebuah jenis circuit electronic yang mampu menangani proses switching dengan kecepatan tinggi ketika dioperasikan pada suhu mendekati nol. Josephson Junction terdiri atas dua pasangan superkonduktor  Josephson Junction awalnya diciptakan untuk memahami konsep-konsep dasar dan fitur dari superkonduktivitas. Salah satu fitur yang menarik dari komputer generasi kelima ini adalah kemampuannya yang dapat berpikir, menerjemahkan bahasa manusia, bercakap-cakap langsung  dengan komputer, penghematan energi komputer dan dapat melakukan diagnosa secara akurat. Salah satu contoh yang mulai bisa dilihat pada pengimplementasian kehidupan sehari-hari, sudah banyaknya aktifitas-aktifitas yang bisa dikontrol menggunakan suara si empunya device.

More Refference :

http://www.vlsistandards.com/

http://en.wikipedia.org/wiki/Josephson_effect

http://www.scientificamerican.com/article.cfm?id=what-are-josephson-juncti

http://searchcio-midmarket.techtarget.com/definition/Josephson-junction