Hati-hati membuka file yang tidak anda kenali. Kali ini merupakan kali kedua nya saya mendapatkan kejadian yang hampir sama di tahun 2012. Setelah sebelumnya cracker mecoba memanfaatkan keadaan dengan boomingnya film the raid yang disusupi oleh para cracker dengan file berbahaya, kali ini saya mendapati sebuah file di youtube yang berjudul “Holographic TV Coming In 2012.flv”.  Hal ini baru saya sadari ketika file yang hendak saya nonton langsung dikenali oleh clamav sebagai virus. Sebenarnya bisa banyak cara untuk menghindari aksi vandal yang tanpa kita duga ini, salah satu nya dengan cara melihat source code dari file yang kita download tersebut dengan bantuan beberapa tools hacker. Teknik ini hampir sama dengan teknik yang sering digunakan oleh cracker untuk membongkar kumpulan source code dari sebuah program, nama lain dari teknik ini ada yang menyebutnya sebagai reverse engineering (biar keren dikit).  Selain membongkat source code program, apabila file tersebut merupakan file mirroring dari sebuah website yang di mirror oleh orang, coba perhatikan terlebih dahulu checksum nya, apakah masih sama atau tidak. Jika tidak sama bisa dipastikan file tersebut telah di susupi cracker dengan program-program berbahaya seperti worm/trojan/virus. Langkah teakhir jangan lupa untuk selalu scanning file yang sudah di download dengan beberapa antivirus, untuk catatan lengkapnya tentang opsi terakhir sudah pernah saya tulis pada link ini dan jangan lupa berdoa kepada Allah SWT