Manfaat dari social media sangat dirasa ketika gempa kuat melanda aceh pada tanggal 11 April 2012 kemarin, praktis informasi yang didapatkan sangat realtime jika dibandingkan informasi yang di release stasiun stasiun TV Nasional lainnya. Mulai dari informasi gempa, keadaan terkini, kondisi pasca kejadian dan informasi lainnya. Sebuah efek positif yang kita rasakan dari manfaat social media. Selama ini banyak yang beranggapan efek negatif social media lebih banyak dari efek positif nya, akan tetapi kemarin saya baru benar-benar merasakan efek positif social media tersebut, baik itu twitter, facebook, instagram maupun multiply..

Disaat informasi seperti website bmkg down, disaat tidak ada informasi terkini mengenai daerah korban bencana, disitu lah social media mengambil perannya. Jujur, baru kali ini saya merasakan manfaat menggunakan twitter. Hanya membutuhkan akses data kecil, memiliki konsep broadcast message, menjadi nilai plus sendiri untuk teknologi social media, hanya butuh satu kali share, maka seluruh teman-teman kita dapat melihat informasi yang kita berikan. sangat menarik dan berguna disaat genting dan menjadi solusi yang dirasa cukup ideal untuk mengurangi kepanikan. User tidak perlu memikirkan tentang overload server penyedia informasi, tidak perlu memikirkan tentang prosedur posting informasi yang membutuhkan waktu lama, dan proses lainnya. cukup buka account, ketik informasi yang diinginkan dan share.

Mudah-mudahan, kedepannya penggunaan teknologi social media dapat digunakan sebaik mungkin dan sesuai dengan keperluannya. Bukan hanya update status ngak penting dan hanya menjadi “spam” di internet. Kita sebagai user yang sudah paham tentang manfaat social media diharapkan dapat menjadi batu karang pemecah ombak dibalik banyak nya informasi yang bisa dikatakan tidak penting di internet. Jangan kita juga ikut-ikut salah kaprah dalam hal penggunaan teknologi social media. Semoga kedepannya, setiap informasi yang kita share di social media dapat bermanfaat bagi orang lain dan bisa menjadi ladang amal bagi kita.