Sebenarnya kejadian seperti ini sudah lama terjadi, analogi kejadian ini adalah, cracker menyisipkan program trojan atau malware ke dalam sebuah program yang sudah di crack  kemudian mempublish nya ke beberapa forum agara banyak client yang mendownload file tersebut. Sewaktu user mendownload file tersebut, secara tidak disadari oleh user awam, mereka juga ikut mendownload file yang disudah disusupi oleh cracker tersebut. Tingkat kerentanan terhadap teknik ini sangat tinggi, dikarenakan apabila kita tidak menyadari dan komputer kita berhasil di remote oleh cracker melalui program yang sudah disisipinya, seluruh informasi yang kita gunakan akan dapat diketahui oleh cracker, mulai dari informasi rahasia, informasi log komputer, password yang tersimpan di dalam komputer, bahkan parahnya cracker tersebut dapat mendelete ataupun mengcopy seluruh data yang ada di komputer kita. Bukan itu saja, resiko lainnya yang bisa menimpa kita antara lain, dimanfaatkannya komputer kita sebagai botnet oleh cracker tersebut sebagai mesin DDOS mereka.

Untuk menghindari kejadi-kejadian tersebut, saya mendapati beberapa tips dan trik yang dibuat oleh mas Rizal  untuk meminimalizir kemungkinan ini terjadi. Untuk mengunjungi tips tersebut dapat membuka group diskusi binus hacker. Beberapa yang menjadi catatan saya , yang harus dilakukan oleh setiap user awam sebelum membuka sebuah file atau ingin browsing ke beberapa website yang dirasa kurang aman dapat menggunakan url dibawah ini

1. http://safeweb.norton.com/

safeweb norton merupakan website scanner yang dibuat oleh norton yang difungsikan untuk melakukan scanning dan memastikan apakah web tersebut aman dan bisa dikunjungi dengan cukup aman

2. http://www.mywot.com/

hampir sama dengan safeweb norton, web ini bisa dijadikan alternatif untuk scanning terhadap url yang akan dibuka. Tidak ada salahnya jika melakukan scanning terlebih dahulu menggunakan beberapa scanner online guna memastikan bahwa link tersebut benar-benar aman.

3.https://www.virustotal.com/

fungsi dari web ini berbeda dengan link yang saya berikan diatasnya, web ini berfungsi hampir sama dengan anti virus, yaitu melakukan scanning terhadap file yang sudah kita download. web ini bisa menjadi solusi scanning terhadap file yang baru saja kita download, tapi didalam komputer yang kita gunakan tidak terdapat anti virus. disinilah fungsi url tersebut.Akan lebih baik jika penggunaan web ini digabungkan dengan melakukan scanning dengan beberapa AV sekaligus..

Thanks and best regards untuk sharingnya mas Rizal😀