Email adalah sarana kirim dan terima surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya internet). contoh penamaan e-mail seperti adesurya.tkj@gmail.com. adesurya.tkj disini adalah nama mailbox atau nama pengguna yang akan dituju pada mail server. sedangkan untuk gmail.com adalah nama mail server tempat pengguna berada. gmail merupakan nama domain yang menunjukan nama instansi perusahaan/organisasi, sedangkan .com adalah top level domain yang menunjukan bahwa domain yang tersedia adalah commercial.

Mengenal MTA
MTA merupakan program yang bertanggung jawab dalam hal pengiriman sebuah email ke alamat tujuan. MTA adalah singkatan dari Mail Transfer Agent. Beberapa Jenis MTA antara lain: Sendmail, Qmail, Mercury, Postfix. MTA menggunakan port 25 untuk penghubung antar MTA.

Mail User Agent (MUA)
MUA merupakan software yang digunakan untuk menulis email, serta membaca email. MUA merupakan penghubung antara klien (user) dengan MTA. Beberapa jenis MUA antara lain : Microsoft Outlook, Mozilla ThunderBird, Evolution Mail, Zimbra Destop, PINE (Program for Internet News & Email).

Simple Message Transfer Protocol (SMTP)
SMTP merupakan protokol dasar untuk menukar atau mengirim email antar host yang berbasis TCP/IP. Protokol ini merupakan protokol yang sekarang banyak dipakai oleh mail server di internet. Mekanisme protokol ini adalah meneruskan email secara langsung dari mail server pengirim (sender) ke mail server penerima (recipient) dengan syarat kedua server tersebut terhubung.

Post Office Protocol (POP)
POP merupakan protokol yang digunakan untuk mengambil email yang berada disuatu mail server. Sampai saat ini protokol POP telah mencapai versi 3 (POP3). Protokol POP3 memiliki keunggulan dan didesain untuk pengguna dengan jaringan yang tidak selalu terhubung ke mail server (offline). Dengan POP pengguna dapat menggunakan email tanpa harus terkoneksi secara terus-menerus. Pengguna email biasanya akan mengkoneksikan, mengambil email dan menyimpan pada ke PC, kemudian menghapus email di server dan memutuskan koneksi. POP3 server melayani pengguna melalui port 110.

Internet Message Protocol (IMAP)
IMAP merupakan protokol yang dapat digunakan oleh pengguna untuk membaca email pada suatu mail server. IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan email yang akan ia ambil, membuat folder di server, mencari pesan email tertentu, bahkan menghapus pesan email yang ada. Kemampuan ini jauh lebih baik daripada POP yang hanya memperbolehkan kita men-download semua pesan yang ada.

Mail Server
Sebuah mail server (juga dikenal sebagai Mail Transfer Agent atau MTA, pengirim mail, router mail atau mailer Internet) adalah sebuah aplikasi yang menerima mail masuk dari pengguna lokal (orang dalam domain yang sama) dan meneruskan mail keluar untuk pengiriman. Sebuah komputer yang didedikasikan untuk menjalankan aplikasi tersebut juga disebut mail server.