LDAP (Light Weight Directory Access Protocol) adalah sebuah protokol yang mengatur mekanisme pengaksesan layanan direktori (Directory servis) yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan banyak informasi seperti informasi tentang people, organizations, rules, service dan banyak entitas lainnya. LDAP menggunakan model client-server, dimana client mengirimkan identifier data kepada server menggunakan protokol TCP/IP dan server mencoba mencarinya pada DIT (Directory Information Tree) yang tersimpan di server. Bila di temukan maka hasilnya akan dikirimkan ke client tersebut namun bila tidak maka hasilnya berupa pointer ke server lain yang menyimpan data yang di cari. Terdapat dua servis utama pada LDAP yaitu slapd yang merupakan LDAP daemon dan slurpd yang merupakan replication daemon. Slapd melayani request dari client, query dan berkomunikasi dengan backend database sedangkan slurpd melayani replikasi data agar terus terjadi sinkronisasi data antara client dan server, dan untuk memfasilitasi pengisian dan perubahan informasi data dalam direktori di gunakanlah LDIF (LDAP Data Interchange Format).

eunggulan LDAP adalah sebagai berikut :
1. Informasi di server LDAP memiliki bentuk striktur yang berhirarki, bukan berformat kolom dan baris, seperti halnya database normal, sehingga memudahkan untuk memasukkan sejumlah besar detail yang mirip dalam bentuk yang terorganisir.
2. LDAP mendistribusikan secara transparan informasi ke banyak mesin (server), jadi tidak seperti teknik load
balancing tradisional, kita dapat memperoleh bagian-bagian terpisah dari direktori tersebut pada mesin yang berbeda. Hal ini, mirip dengan menyimpan direktori-direktori berbeda di file system root linux pada mount-mount NFS dari serverserver file yang berbeda-beda.

OpenLDAP
OpenLDAP adalah software open source yang diimplementasikan dari Lightweight Directory Access Protocol (LDAP) yang dikembangkan oleh OpenLDAP Project. Project ini dimulai pada tahun 1998 oleh Kurt Zeilenga. Project dimulai dengan menggandakan LDAP source di University of Michigan dengan bantuan dari pengembang dan evaluator dari LDAP protokol.