Los Galacticos, sebutan yang diberikan kepada sebuah team yang diisi oleh orang-orang super didalamnya. Los Galacticos berarti team galaksi yang mungkin bisa diartikan sebagai team super yang diisi oleh orang-orang super. Layaknya seperti team Real Madrid yang selalu dihuni pemain-pemain terbaik dari setiap generasi yang ada, dan agaknya sebutan tersebut layak disandangkan pada keluarga baru ini, Batch 5 ITB SEAMOLEC 2011. Seluruh putra-putri terbaik bangsa Indonesia dalam  berbagai bidang berkumpul disini, elektronika, programming, networking & security, mekatronika, management, leadership dan robotic ada disini semua. Finalis Lomba ICT Nasional sekelas GEMASTIK, INAICTA, Juara Nasional di bidang robotik, Administrator website-website “besar” komunitas IT Indonesia, moderator-moderator forum-forum IT Indonesia, Founder komunitas-komunitas IT, eks pemimpin organisasi sekelas Badan Eksekutif, eks pemimpin organisasi massa semuanya berkumpul disini. Modal yang besar untuk menciptakan sejarah baru bersama mereka, dan untuk pengabdian kepada Tuhan, Bangsa dan Almamater

Akan tetapi, berkumpulnya orang-orang hebat bukanlah jaminan seutuhnya bahwa sebuah team bisa kompak dan solid, bahkan bisa menjadi sebuah boomerang yang dapat berbalik arah menyerang team itu sendiri. egois dan tidak saling mengerti keadaan sesama anggota, menjadi pemicu klasik dan trigger utama terjadinya gesekan kepentingan kelompok dan pribadi. Hal ini lah yang harus sama-sama di jaga dan diawasi oleh team ini. Peran proaktif dari pemimpin team yang dipercaya sebagai “pelayan dan pemersatu” oleh anggotanya harus dilaksanakan sebagai mana mestinya, sebuah tantangan dan sebuah batu loncatan yang saya yakin saudara saya sekaligus sahabat saya, Geni Isno Murti dapat lakukan dengan baik. Pengalaman bersama beliau lebih kurang selama 3 tahun dan didalam berbagai organisasi membuat saya semakin lantang berani menyuarakan bahwa dia lah orang yang tepat untuk mengemban tugas ini.

Terakhir kali saya bertemu dengan team seperti ini terjadi di sekitar 2005-2006, kala itu team tersebut bernama yogyafree. Sebuah komunitas IT underground yang fokus di bidang security jaringan yang berbasis di daerah jogja. Perkumpulan dengan para-para ahli dibidangnya membuat pergerakan dan perkembangan komunitas ini begitu cepat dan dikenal masyarakat. Dalam rangka setahun, jumlah anggota yang mendaftar melunjak tajam sehingga menurut survei yang ada, komunitas ini menjadi komunitas IT pertama yang sampai menembus angka jumlah anggota terbanyak di kala itu. Saling berbagi, saling mencoba dan menganut prinsip kita sama menjadi latar belakang kenapa komunitas ini begitu cepat berkembang. setiap hari ada topik-topik baru yang berhasil di ekspose oleh teman-teman yogyafree. Untuk membentuk sebuah team yang kokoh, dibutuhkan badai dan ombak yang menerjang dan menguji kesolidan team. Banyak sudah kejadian yang sudah kami alami, pembekuan account milis oleh yahoo, pem-banned domain, perpindahan dari beberapa hostingan yang secara terang-terangan menolak untuk menyimpan data website kami disana, perubahan nama dari yogyafree dan xcode disertai beberapa pro dan kontra, serangan dari komunitas lain menjadi batu kerikil yang menghiasi perjalanan komunitas ini, dan akhirnya kami masih tetap ada dan tetap bisa beraktifitas saling berbagi bersama rekan-rekan IT lainnya di seluruh Indonesia.

Sebuah kisah yang membuat saya sangat termotivasi dan merasa beruntung berada di tengah-tengah keluarga baru ini, BATCH 5 ITB-SEAMOLEC. Sama-sama dihuni orang yang terpilih dari setiap angkatannya dan memiilki komitmen untuk maju, itulah karakteristik team ini. Skill yang diatas rata-rata dan kepribadian dengan berbagai macam watak menjadi nilai plus angkatan ini. Secara perlahan-lahan sekat-sekat yang ada sudah mulai hilang, perbedaan-perbedaan yang ada sudah mulai luntur, yang tinggal cuma satu, satu bendera BATCH 5 ITB-SEAMOLEC. Sebuah berita menggembirakan yang harus kita syukuri dan jaga kekompakan yang sudah terbentuk ini. Secara pribadi saya menaruh banyak harapan di keluarga ini. Saya yakin, dalam rentang waktu yang terbilang pendek lebih kurang dalam setahun bersama, kita bisa membuat sebuah kebanggan yang dapat kita kenang untuk esok hari. sebuah hal rasional yang bisa diwujudkan dengan keadaan seperti sekarang.

Banyak hal yang bisa kita perbuat, INAICTA, PAPER INTERNASIONAL, GEMASTIK, ICT AWARDS, IMAGINE CUP, KRCI bisa menjadi batu loncatan bagi team ini sekaligus menjadi tolak ukur apakah team ini benar-benar solid dan bisa dibanggakan, dan satu hal yang bisa saya pastikan, bahwa kita bisa berbicara banyak disana. Kelompok belajar, kemauan sharing, tidak takut berbagi dan tetap belajar merupakan sebuah kegiatan essential yang harus dilakukan secara continue oleh team ini, walaupun team ini bakal dipecah lagi menjadi team-team kecil, saya rasa ini hanyalah sebuah kerikil kecil yang memang “HARUS” dilalui sebuah team besar.  Secara pribadi, jangankan untuk sekedar sharing di waktu senggang, bahkan untuk kembali berteman dengan labor siap saya lakoni kembali seperti dulu jika itu dibutuhkan team ini untuk mencapai tujuan kita bersama. Harapan besar dari diri saya sendiri untuk team ini, team kebanggaan kita bersama. Jalan kita masih panjang teman, masih banyak tikungan yang harus kita lalui tanpa terjatuh, masih banyak batu kerikil di jalanan lurus yang bakal membuat kita terjatuh ketika kita sedang berlari kencang. Dan andaikan kita terjatuh disuatu saat, pastikan ada saudara-saudara kita yang siap mengulurkan tangan mereka untuk membuat kita bisa berdiri kembali dan berlari kencang lagi, karena kita bersaudara bukan cuma sekedar berteman. Tulisan ini mungkin akan dianggap hanya sebagai sebuah penghias blog atau bagi kalian merupakan sebuah kewajiban “postingan” yang dibebankan kepada team ini oleh instruktur, tapi apabila kita bisa berpikir lebih jauh dan jernih, kita semua akan melihat potensi tersebut ada dan siap meledak membuat kita bisa terbang tinggi BERSAMA, bukan dia, aku atau kalian, tapi KITA SEMUA.

TETAP SEMANGAT TEMAN, TETAP SEMANGAT SAUDARAKU