Bulan april – juli bukan hanya menjadi “bulan neraka” bagi siswa-siswa kelas akhir baik itu di sekolah tingkat pertama (smp) ataupun siswa tingkat sekolah akhir (sma). “Bulan neraka” ini juga menghigapi teman-teman tingkat akhir di perkuliahan  yang sibuk mengerjakan syarat terakhir mereka untuk meraih toga di bangku perkuliahan, baik itu menyelesaikan Tugas Akhir (TA), Proyek Akhir (PA) ataupun Skripsi. Refferensi, Journal, Judul, Paper seolah-olah menjadi tembok menjulang tinggi yang harus mereka langkahi untuk dapat merengkuh “cita-cita” awal yang mereka ingin gapai. banyak yang harus mereka persiapkan, mulai dari pencarian judul yang sesuai, pencarian pembimbing, penentuan jadwal bimbingan, pembuatan proposal, seminar proposal, pembuatan paper, pembuatan jurnal dan terakhir sidang. jangankan untuk sampai titik aman terakhir yaitu sidang, untuk sampai pada titik aman pertama saya dibutuhkan waktu yang cukup lama. pencarian judul yang tepat dan mudah dipahami dan dimengerti menjadi salah satu langkah praktis yang harus di tempuh oleh rekan-rekan mahasiswa agar mendapatkan predikat “sangat memuaskan” atau bahkan “terpuji”.
Khusus untuk bidang Komputer, baik itu di program study ilmu komputer, sistem komputer maupun sistem informasi mempunyai banyak sub bagian yang apabila ingin di kaji lebih dalam akan memberikan banyak opsi dalam bidang kajian ilmu. untuk kesempatan kali ini, mungkin saya akan sedikit berbagi tentang beberapa refferensi judul PA (Proyek Akhir) yang berkaitan tentang program study sistem komputer. bagi sebagian orang yang sudah lama menggeluti dunia komputer terutama tentang system dan networking mungkin beberapa judul ini sudah terasa basi dan awam bagi mereka, tapi tidak salahnya teknologi yang basi bagi segelintir orang, akan tetapi bisa menjadi teknologi baru bagi mayoritas orang yang baru menggeluti dunia system administration maupun network administation. beberapa judul tersebut antara lain :

1. Red Hat Clustering and Failover

Red Hat merupakan open source perangkat lunak komersial terdepan di dunia karena dirancang, diintegrasikan, diuji dan dikembangkan secara langsung oleh para ahli, sehingga begitu banyak fitur yang ditawarkan yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini, seperti virtualisasi dan clustering. salah satu alasan pada case ini mengapa saya memilih redhat dikarenakan (1)technology redhat yang sudah diuji coba dan telah mendapatkan sertifikasi untuk menjadi “enterprise-ready” dan banyaknya dukungan teknis berbentuk dokumentasi yang disediakan oleh team developper Red Hat, (2) sertifikasi, Red Hat merupakan open source software yang memiliki dukungan sertifikasi terluas dari beberapa vendor ternama seperti Oracle, SAP, VERITAS, CA dan BEA, (3) adanya dukungan maintenance, update dan global suppor service.
Pada distro Red Hat Enterprise Linux Advanced Platform telah menyertakan Red Hat Cluster Suite, di mana sudah menyediakan kemampuan untuk failover aplikasi dan sistem operasi guest. Aplikasi dapat berpindah antarsistem operasi guest pada fisikal sistem yang sama atau berbeda. Selain itu, seluruh sistem operasi guest dapat dipindahkan antar fisikal sistem pula. Aplikasi dapat dimonitor untuk pengujian behavior dan hasilnya digunakan untuk pemacu prosedur pemulihan automatisasi. Red Hat memastikan melalui sebuah Application Binary Interface (ABI), bahwa aplikasi yang tersertifikasi milik partner Red Hat mempunyai kemampuan untuk berjalan pada teknologi virtualisasi Red Hat. Red Hat menjamin bahwa kernel-kernel ABI tidak akan berpengaruh pada perilisan tiap platform, sehingga membuat software dan driver device mampu berjalan tanpa dilakukan perubahan apapun pada kernel-kernel ABI tersebut.

2. Virtualisasi Server (Hyper-V)

Selain menggunakan Red Hat, teknik virtualisasi server juga sudah mulai banyak dikembangkan oleh developper developper software besar. ada beberapa metode virtualisasi server yang dapat kita gunakan, antara lain Hyper-V (Based Microsoft). banyak refferensi yang membahas tentang Hyper-V, mulai dari refferensi penjelasan, prosedur installasi, konfigurasi server hingga administrasi server. salah satu nilai minus mungkin yang saya sematkan pada teknologi ini (mungkin tepatnya bukan nilai minus) yaitu butuhnya spesifikasi device yang tinggi untuk pengoperasian tekhnik ini, akan tetapi kekurangan ini sudah terjawab tuntas tentang pengoperasiannya yang tergolong sedikit mudah jika dibandingkan dengan pengoperasian virtualisasi server lainnya. untuk teman-teman yang tertarik judul ini, akan tetapi sedikit sulit untuk menemukan tutorial yang “pas”, mungkin bisa request langsung kepada saya untuk dapat mengirimkan tutorial yang diinginkan.

3. Clustering dan Grid Computing (Rock Clustering dan Open Mosix)

Clustering lagi, clustering lagi.. hehe.. sorry jika pada bosen lihat judulnya terlampau banyak membahas tentang clustering server. tidak bisa dipungkiri, clustering server merupakan solusi terbaik saat ini untuk ukm-ukm kecil untuk mengembangkan bisnisnya. bahkan penggunaan clustering server bukan hanya digunakan oleh ukm-ukm kecil ataupun perusahaan kecil, perusahaan besar pun banyak yang mengadopsi teknologi ini pada server mereka. mungkin kalo tidak percaya, salah satu portal multimedia terbesar di indonesia (****webster) ternyata servernya menggunakan konsep metode clustering. teknik clustering system sangat banyak, salah satunya adalah Rock Clustering dan Open Mosix. atau apabila udah rada bosan dan gampang membahas tentang clustering (bagi yang senior, tapi menurut saya pribadi installasi clustering tidaklah segampang omongan-omongan diluar) mungkin teman-teman bisa membahas tentang grid komputing (ngak nyambung seh,, tapi ngak ada salahnya di coba aj.. itung2x nambah ilmu ente ente smua,, haha) oya rada lupa, untuk server yang udah di clustering tadi, coba ditambahkan dengan backup dan sinkronisasi data nya biar rada keren dikit judul PA/Ta nya,, hhehe

4. Membangun portal administrasi sekolah menggunakan Open Administration For School 3.25a

nah ini ni, yang rada simple akan tetapi sangat berguna untuk tujuan mulia teman-teman KPLI mewujudkan Indonesia Open Source. aplikasi ini semacam portal administrasi sekolah gitu. nah saran ane buat agan-agan semua, tambahin aja studi kasusnya di sekolah mana, nah mudah-mudahan diterima tuh projectnya. selain bisa digunain untuk proyek akhir atau tugas akhir, project ini juga bisa ditawarin pada sekolah-sekolah yang butuh portal administrasi, lumayan nambah-nambah duit beli komputer baru atau traktirin cewek-cewek ente semua di kafe (biar rada royal dikit, hhehe)

5. Antisipasi kelebihan beban traffic webserver menggunakan LVS-NAT (Load Balancer)

judul rada ribet, tapi tergolong gampang kok. nah judul ini terinspirasi dari saran teman saya yang kemaren sempat berdiskusi tentang failover dan clustering web server. ini merupakan sedikit solusi buat teman-teman yang ingin mengoptimalkan webservernya akan tetapi masih ragu-ragu untuk menggunakan teknik clustering dan failover webserver. metode yang digunakan LVS-NAT mengadopsi teknik load balancer. untuk info mengenai judul ini mungkin bisa cari di internet tentang gambaran secara umumnya atau kalo masih rada malas browsing juga silahkan tanya langsung aj ke saya bisa via telepon, YM, FB, ataupun E-mail. untuk alamat YM, FB atau e-mail dapat dilihat di header blog ini, nah kalo untuk telpon tar PM aj deh.

6. Membangun portal Kepegawaian menggunakan OrangeHRM

kalo point nomor 6 ini sendiri inspirasi dari project-project yang ada di luar sana. gambaran secara umum tentanga OrangeHRM ini merupakan sebuah teknologi berbasis web yang hampir mirip dengan software-software HRM yang sudah ada sebelumnya, akan tetapi software ini murni gratis dan opensource. bisa dibayangkan, apabila aplikasi ini digunakan akan menghemat hingga puluhan juta rupiah uang perusahaan untuk me-manage bagian kepegawaiannya. nah mana tau ente semua kalo kerja di perusahaan terus nerapin teknologi ini kecipratan dikit berkahnya😉. mungkin secara umum itu sedikit penjelasan tentang OrangeHRM. saran dari saya untuk penerapannya mungkin bisa digunakan berbarengan dengan PCLinuxOS.

7. Membangun Server Hosting dengan EHCP berbasis opensource

nah kalo teknologi ini, merupakan salah satu plan bisnis yang mungkin bisa diangkat menjadi salah satu judul PA teman-teman semua. EHCP merupakan semacam cpanel berbasi gratisan. nah saran saya sih untuk judulnya mungkin bisa diangkat menjadi seperti ini, membangun Dedicated Server Hosting menggunakan EHCP. nah untuk spesifikasi device yang mungkin diperlukan palingan server webserver yang bisa gunain debian (maniac debian🙂 ). nah itung-itung simulasi jadi eksmud, makanya coba ajuin aja judul ini pada kampus-kampus teman-teman semua.

8. Replikasi OpenLDAP sebagai backup data perusahaan

kalo dah pada bosen improvisasi dengan system, mungkin bisa coba sedikit beralih dengan konsep replikasi Open LDAP sebagai solusi backup data perusahaan. clue yang bisa saya kasih disini mungkin konsep yang teman-teman gunain bisa make konsep masterslavve. dah pada ngerti kan konsep masterslave? saya berasumsi saja bahwa teman-teman udah mengerti (rada ribet dikit sih, kalo diterangin disini soalnya detailnya panjang banget)

9. Pembuatan virtual file server

setelah bermain-main dengan virtualisasi server, tidak ada salahnya teman-teman mencoba bermain-main dengan virtual file server. konsep yang digunakan adalah teknik virtual server menggunakan samba yang di virtualisasi dengan openvz. nah untuk lebih detailnya mungkin bisa cari di internet aj tentang definisi dan prosedur installasinya, akan tetapi secara umum gambaran kerja systemnya seperti yang saya jelaskan diatas.

Rada gampang kan? atau mungkin rada basi? hehe,, tapi ya udah lah,, no problem, yang penting tetap berbagi sesama manusia. judul-judul diatas sudah sedemikian mungkin saya rubah menjadi bahasa manusia (hehe, biar rada ngerti dikit) jadi supaya teman-teman semua bisa gampang memahaminya. atau kalau pengen judul yang rada berat dikit mungkin bisa request aj nanti saya tambahin judul-judul yang rada berat dikit. akan tetapi sesuai dengan kata opa einstein ” Keep It Simple Stupid”.

O ya buat teman-teman jurusan Managemen Informatika ataupun System Information, untuk judul-judul tentang prodi teman-teman mungkin bisa dipertimbangkan tema seperti pembuatan system ujian online menggunakan bahasa phyton atau semacam itu. sebenarnya untuk jurusan Managemen Informatika sedikit lebih mudah dan menarik jika ingin bereksperimen. banyak yang bisa dibahas seperti pembuatan program kepegawaian, pembuatan program absensi online berbasis RFID ataupun fingerprint, pembuatan aplikasi managemen surat masuk dan surat keluar pada perusahaan. cuma butuh imajinasi sedikit untuk memperoleh permasalahan dan diimpelementasikan ke dalam sebuah program yang bisa dibuat dengan bahasa pemrograman yang sudah teman-teman pelajari.

Best regards….
patusacyber
tribute to teman-teman semester akhir pol******k t****m dan teman-teman regional minang. hayuu,, masuk bareng keluar juga musti bareng (wisuda maksudnya) !!!!!