Manual IP Tables

Tulisan ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan dasar mengenai pemfilteran  paket menggunakan IPTables pada Linux. Tulisan ini bersifat general yang menjelaskan secara umum bagaimana sintaks IPTables dibuat. Beberapa (banyak) bagian dari tulisan diambil  dari official site IPTables. Tulisan ini di edit oleh mas  Lukman HDP/s3trum  (5 Agustus 2003)  dan credit saya berikan kepada beliau atas  hasil  buah pemikiran beliau. Semoga tulisan ini dapat sedikit memberi gambaran kepada kita tentang apa itu IP Tables

1. Persiapan

Sebelum mulai, diharapkan pembaca sudah memiliki pengetahuan dasar mengenai TCP/IP  karena hal ini merupakan dasar dari penggunaan IPTables. Ada (sangat) banyak resource yang  mendokumentasikan konsep dasar tentang TCP/IP, baik itu secara online maupun cetak.  Silahkan googling untuk mendapatkannya. Hal berikutnya yang harus anda persiapkan adalah sebuah komputer yang terinstall Linux. Akan lebih baik jika komputer anda memiliki 2 buah network interface card, sebab bisa menjalankan fungsi packet forwarding. Disarankan anda menggunakan linux dengan kernel 2.4 ke atas, karena (setahu saya) linux dengan kernel 2.4 ke atas sudah memiliki dukungan IPTables secara default, sehingga anda tidak perlu mengkompilasi ulang kernel anda. Bagi anda yang menggunakan kernel 2.2 atau sebelumnya, anda harus melakukan kompilasi kernel untuk memasukkan dukungan IPTables. Silahkan lihat tutorial Kompilasi kernel 2.4.x di Linux oleh mas Asfik.

Untuk Download Tutorial Manual IP Tables selengkapnya silahkan langsung kunjungi page DOWNLOAD pada blog ini (https://patusainside.wordpress.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s