access localhost via ubuntu kalo dilihat-lihat keren juga y, apalagi kalo kita melakukan pemindahan direktory menggunakan CLI (Command Line Interface), beuh, kalo diliatin orang makin pede gitu ngetiknya, padahal kita ngak terlampau advance di linux.. (pengalaman belagu padahal ngak bisa apa-apa) hahaha…

LDAP biasanya ditemukan pada system operasi berbasis open source seperti ubuntu, fedora, linux mint dan rekan-rekan, sedangkan untuk system operasi berbayar seperti microsoft lebih dikenal dengan IIS (Internet Information Service). masing-masing aplikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. untuk teman-teman yang ingin lebih mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing ini software silahkan langsung googling di internet, ada banyak refferensi yang bisa dijadikan bahan bacaan teman-teman.

untuk menggunakan apache/ldap di ubuntu, ada beberapa kebutuhan package yang harus tersedia. antara lain package web server apache, database mysql-server, installasi php 5 untuk web server apache dan package terakhir yaitu package my-sql server untuk apache. untuk mendownload aplikasi-aplikasi tersebut silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

1) Instalasi web server Apache
# apt-get install apache2

2) Instalasi database server MySQL
# apt-get install mysql-server

3) Instalasi php untuk web server Apache
# apt-get install php5

4) Instalasi MySQL untuk Apache
# apt-get install libapache2-mod-auth-mysql
# apt-get install php5-mysql

Selamat Menggunakan Ubuntu..

Support Indonesia Goes Open Source!!!!