Memanfaatkan Kamera HP Untuk Jadi Webcam

Setiap kali ingin chating menggunakan software-software messenger seperti yahoo messenger!, gtalk hingga MSN pasti kurang lengkap rasanya jika kita tidak menggunakan webcam. harga Webcam pun bervariasi, mulai dari 300 ribuan hingga mencapai 500 ribuan. Dan ini cukup memeberatkan bagi kantong seorang mahasiswa. Tapi sekarang ada solusi untuk memanfaatkan kamera HP agar bisa menjadi Webcam di computer kita. Caranya yaitu menggunakan software dari Mobiola Web Camera (http://www.mobiola.com/mobiola-web-camera). Setelah mengunjungi alamat web diatas, anda akan diminta untuk memilih jenis ponsel yang anda gunakan. Pilihan handphone yang digunakan sangat bervariasi, mulai dari Windows Mobile, BlackBerry ataupun Symbian. Kalau sudah menentukan Ponsel yang kita gunakan silahkan download aplikasi tersebut.

Untuk melakukan instalasi software cukup dengan menekan tombol next – next dan begitu seterusnya hingga proses instalasi selesai. Apabila setelah selesai melakukan instalasi pada computer, jangan lupa juga untuk melakukan instalasi di handphone. Untuk melakukan proses instalasi pada handphone tidak lah repot dikarenakan file yang digunakan untuk instalasi pada handphone sudah langsung tersedia di file yang kita undah di web waktu pertama kali kita unduh. Untuk ponsel berbasi Windows Mobile, shortcut instalasi ponselnya bisa kita dapatkan di halaman “Start > Programs > Mobiola Web Camera for Windows Mobile > Webcam_winmobile”. Setelah menemukan file tersebut, sambungkan ponsel anda ke computer yang digunakan, setelah itu pindahkan file tadi ke dalam handphone dan lakukan instalasi file tersebut di handphone yang akan digunakan.
Untuk menggunakan aplikasi tersebut tidaklah sulit. Langkah awal yang harus kita lakukan adalah buka aplikasi Mobiola di computer kita yang terletak di menu “Start > Programs > Mobiola Web Camera for Windows Mobile > Mobiola Web Camera for Windows Mobiola”. Setelah mengclick menu tersebut maka akan terbuka sebuah jendela kecil di computer kita. Setelah itu sambungkan ponsel yang sudah terinstalasi file mobiola for mobile tadi ke computer kita. Lanjutkan proses konfigurasi nya dengan membuka menu “Start > Programs > Mobiola Web Camera”. Setelah menu tersebut terbuka, pilih tab “Menu > Connect > ActiveSync. Setelah membuka menu tersebut maka kamera di ponsel akan langsung kebuka dan siap digunakan sebagai fasilitas Webcam for PC. Selamat menikmati chatting menggunakan Webcam

refferensi : pcmild magazine

About these ads

4 responses to “Memanfaatkan Kamera HP Untuk Jadi Webcam

  1. emang mobiola gratis gan ??? :o

  2. android g ada gan?????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s